Senin, 30 Januari 2017

Jadi Nasabah Yuk!

Halo, teman-teman.

Setelah kemarin sibuk mengurusi persiapan Bank Sampah dan mengadakan syukuran kecil-kecilan bersamaan dengan Launching Party, akhirnya Bank Sampah resmi memulai pergerakannya. Dan RnC akhirnya dengan senang hati bisa mengajak teman-teman semua untuk bergabung, dan menjadi teman perjalanan Bank Sampah. Berpartisipasi, mulai dari memberikan saran, ide, dan kritik yang sekiranya diperlukan.

Di postingan ini, RnC akan menjelaskan bagaimana cara kerja Bank Sampah.


Bank Sampah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, adalah salah satu dari tiga project utama RnC, setelah Workshop dan Buy at RnC. Dengan membawa nama yang apa adanya, Bank Sampah memiliki tujuan sebagaimana ia dinamakan. Bank Sampah RnC adalah tempat dimana sampah-sampah tertentu ditukarkan dengan uang kepada nasabah. Jadi sederhananya, nasabah menjual sampah mereka ke Bank Sampah RnC, untuk dikelola lebih lanjut. Pengelolaannya, seperti yang selama ini teman-teman ketahui, yaitu dengan mendaur ulangnya sesuai kebutuhan dan jenis sampahnya.

Mari kita mulai membongkar cara kerja Bank Sampah dengan pertanyaan-pertanyaan.

1. Siapa saja yang boleh menjadi nasabah?

Untuk terlibat, walaupun Bank Sampah lebih ditujukan untuk lingkungan sekitar ia berlokasi, RnC tetap memberikan ruang kepada siapa saja yang ingin bergabung menjadi nasabah. Selama masih bedomisili di Kota Makassar.

2. Bagaiman cara menjadi nasabah?

Pertama-tama, yang bisa dilakukan untuk menjadi nasabah adalah dengan mendaftarkan diri. Ini dilakukan dengan cara mengunjungi lokasi Bank Sampah di Perumahan Citra Daya Permai (eks. Kodam 2) Jalan Torpedo 2, samping SMP 34 Daya.

Karena lokasi Bank Sampah ini adalah sekaligus juga rumah milik Ekbess, jadi disarankan jika ingin berkunjung, untuk mengontak di nomor WhatsApp RnC dulu, untuk berkabar atau meminta petunjuk jalan.

3. Sampah apa saja yang boleh ditabung?

Sampah basah dan sampah kering. Kemasan bekas seperti botol kaca, plastik, dan kaleng. Kantung plastik, kertas seperti kertas putih, koran dan kardus. Juga Tembaga, Besi dan Logam. Untuk sampah basah, itu seperti sisa makanan, sayur, dan kulit telur.


Selengkapnya mengenai detail sampah ini akan dijelaskan pada saat mendaftar menjadi nasabah nanti.

Atau download brosur Bank Sampah di sini.

4. Apa yang akan didapatkan nasabah dengan menabung di Bank Sampah RnC?

Lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Dan uang, untuk setiap sampah yang ditabung. Uang ini bisa disimpan dulu (karena ini Bank, iyalah) dan diambil kapan saja teman teman nasabah inginkan. Tentu saja bisa diambil langsung juga di setiap kali transaksi.

5. Kenapa harga beli sampahnya berubah-ubah?   

Harga sampah yang ditabung si Bank Sampah bergantung pada nilai tukar rupiah. Nilai tukarnya diumumkan di lokasi Bank Sampah. Jika tidak sempat ke sana dan ingin tahu nilai tukar sebelum membawa sampahnya, jangan sungkan menghubungi kontak RnC untuk menanyakannya.


Jadi, mungkin sekarang ada alasan yang bagus untuk menonton atau membaca berita ekonomi terkait nilai tukar rupiah. Kalau nilai rupiah sedang tinggi, bawa semua sampah yang dikumpulkan ketika nilai tukar rupiah sedang turun.

6. Bank Sampah buka setiap hari?

Tidak, Bank Sampah beroprasi setiap hari Jumat dan Sabtu setiap minggunya, mulai jam 3 sampai jam 5 sore. Jadi hanya 4 jam selama seminggu. Kami mendukung gerakan bersih-bersih di akhir pekan, itu alasannya.

7. Seberapa banyak boleh membawa sampah untuk ditabung?

Semampu kalian, tentu saja. Tapi untuk memudahkan perhitungan, berat minimal adalah 1 kg untuk setiap jenis sampah. Jadi, disarankan untuk memisahkan sampah sesuai jenisnya. Bukan hanya sekedar memisahkan antara sampah basah dan sampah kering, tapi juga memisahkan sampai ke kategori sampah masing-masing.

Jadi botol plastik sebaiknya tidak digabung dengan jenis sampah lainnya dalam satu tempat untuk memudahkan di proses penimbangan.

8. Fasilitas apa saja yang didapatkan sebagai nasabah?

Buku tabungan super kece yang didesain oleh Ilustrator andalan RnC ini.


9. Akan diapakan sampah-sampah yang ditabung di RnC?

Sebagian, tentu saja akan didaur ulang, dan menjadi bahan untuk produk-produk di Buy at RnC. Dan sampah basah akan didaur ulang menjadi pupuk, menyesuaikan bahannya. Selebihnya lagi, akan dijual kembali, ini berlaku pada jenis-jenis sampah yang tidak bisa RnC daur ulang, seperti besi atau tembaga misalnya.

Well, sepertinya itu saja poin-poin penting untuk memulai peran dan keterlibatan kamu di Bank Sampah RnC. Selebihnya kalian bisa dapatkan di brosur yang bisa diakses di link pada poin nomor tiga di atas, atau boleh kamu minta kalau kita bertemu di workshop-workshop RnC atau ketika berkunjung ke lokasi.

*

Mewujudkan Bank Sampah ini bukan proses yang mudah, tapi RnC tidak akan pernah lupa tujuan dari apa yang selama ini dikerjakan. Karena itulah, walaupun urusannya panjang dan rumit, RnC tetap ingin nasabah mendapatkan kemudahan dalam keterlibatannya di Bank Sampah. Maka dari itu, RnC tidak akan memungut biaya apa-apa untuk pendaftaran. Siapa saja bisa mendaftar untuk menabungkan sampah mereka di sini.


RnC percaya, tindakan-tindakan kebaikan walaupun kecil, jika dilakukan bersama akan selalu berakhir pada hal-hal baik pula. Bagaimanapun juga, tempat tinggal kita saat ini memang merupakan warisan dari apa yang diserahkan kepada kita, sekaligus apa yang kita pinjam dari generasi mendatang. Kita tidak punya kendali atas apa yang diberikan dari masa lalu, begitu juga bagaimana orang-orang di masa depan mengurus Bumi ini setelah kita. Tapi untuk saat ini, kita bisa melakukan sesuatu yang tentu saja memiliki dampak.

RnC selalu senang bekerja dengan orang lain, karena melihat kepedulian yang sama adalah kebahagiaan, dan bukan sebaliknya.

Sampai bertemu di tabungan pertama dan seterusnya, Teman-teman Nasabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar