January 31, 2017

Ide untuk Menabung

upcycledtreasures.com

Menumpuk barang yang sudah tidak terpakai, memang terlihat seperti kegiatan yang sia-sia dan tidak perlu. Tapi kalau melibatkan imajinasi dan kreatifitas, barang yang tidak terpakai itu adalah harta karun yang belum menemukan jati diri yang lebih baik saja sebenarnya. Nah, sekarang RnC mau membagikan sebuah alasan, untuk mulai menumpuk-numpuk sesuatu.

Alasannya adalah: untuk menabung di Bank Sampah RnC.

Produk-produk yang dijual hampir selalu punya kemasan, terutama makanan dan minuman. Kemasan ini penting, karena berguna untuk menjaga kualitas makanan dan minuman di dalamnya. Sedangkan untuk benda-benda lain, kemasan ini biasanya untuk menghindari kerusakan-kerusakan benda di dalamnya. Jadi, ia diberikan pembungkus. Sebagai tampilan luar, beberapa brand bahkan sangat serius mengurus persoalan kemasan ini. Jadi beberapa kemasan, selain untuk fungsinya terhadap isi, juga kadang multifungsi atau punya ketahanan yang baik karena dibuat dengan bahan yang kuat.

Sayangnya wadah kemasan ini, kalau isinya sudah terpakai semua, ia jadi kehilangan fungsi.

Nah karena soal fungsi-fungsi inilah, RnC mau mengajak kalian untuk menabung di Bank Sampah. Kalian bisa menyerahkan sepenuhnya kegiatan mengubah takdir fungsi kemasan yang sudah kosong ini kepada RnC dengan mendaur ulangnya. Atau kalau kalian juga menyukai kegiatan craft dan daur ulang, kita bisa bersama-sama melakukannya. Tinggal hubungi RnC, mungkin kita bisa berakhir pekan membuat sesuatu bersama-sama.

Jadi, sekarang kalau telah selesai menggunakan isinya, jangan langsung buang kemasannya. Sisihkan di tempat tersendiri, tumpuk di tempat yang agak tersembunyi supaya tidak mengganggu pemandangan. Setelah cukup satu kilo atau lebih, bawa ke Bank Sampah RnC dan menabunglah. Kalian bisa mendapatkan uang sebagai gantinya, dan RnC akan dengan senang hati bermain bersama ide, imajinasi dan kreatifitas untuk menyulapnya menjadi sesuatu yang lebih dari sekedar tumpukan kemasan tidak terpakai.

Seperti foto di awal post ini, bayangkan bisa menjadi apa saja jika ada 1 kilogram kaleng kosong di tangan RnC. Membayangkannya saja sudah membuat tidak sabar ingin segera mendaur ulang. Dan untuk kegiatan menyenangkan ini, RnC akan senang sekali kalau kalian terlibat dengan menjadi nasabah Bank Sampah RnC, dimana kalian juga akan mendapatkan tabungan dari apa yang kalian kumpulkan.

Ayo bergabung dan menabung, teman-teman.


Peluk hangat,
Recycle and Craft

No comments:

Post a Comment