May 13, 2018

Manfaat Seni dan Kerajinan Tangan untuk Anak

Sebagai orang tua, kita paham bahwa beragam aktifitas ini penting untuk perkembangan anak kita, namun agak sulit menjelaskan alasannya. Apa sajakah manfaat seni dan kerajinan tangan untuk anak-anak?

Manfaat Seni dan Kerajinan Tangan untuk Anak

Berikut adalah daftar dari manfaat hebat seni dan kerajinan tangan untuk anak:

Kesenian dan Kerajinan Tangan Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Anak

Seni dan kerajinan tangan pada umumnya melibatkan anak-anak untuk bekerja dengan tangan mereka, dan mengerjakan hal-hal tertentu dengan kedua tangan mereka. Hal ini membantu mereka mengembangkan kemampuan koordinasi bilateral dan gerak motorik, yang membantu anak-anak belajar dan terbiasa pada ragam aktifitas lain seperti berpakaian, mandi, mengikat tali sepatu, dan hal-hal lainnya. Juga membantu mereka dalam kegiatan olahraga ketika mereka mulai menekuni di usia tertentu, nantinya.

Kesenian dan Kerajinan Tangan Mengasah Gerak Motorik Anak

Kemampuan motorik yang baik bukanlah pergerakan yang sepele. Ketika anak mengambil barang-barang berukuran kecil, mengangkat garpu atau sendok, atau memegang pulpen atau pensil untuk menggambar, anak Anda sedang membangun kemampuan motorik yang baik. Dan dengan warna-warna, membuat sesuatu dengan kerajinan tangan di sekolah maupun membuat karya seni dengan macaroni dan lem, sesungguhnya anak Anda sedang meningkatkan kemampuan motoriknya.


Kesenian dan Kerajinan Tangan Membantu Kemampuan Proses Visual Anak

Anda memahami pola, warna, dan kemustahilan fisik tanpa kesulitan. Ini terjadi karena ketika Anda mengerjakan sebuah karya kerajinan tangan dan kegiatan kreatif lainnya yang Anda lakukan ketika masih kanak-kanak, Anda mengembangkan kemampuan proses visual Anda. Pengembangan kognitif ini sangat penting pada masa-masa awal pertumbuhan anak Anda. Dan ketika membantu putri kecil Anda membuat mahkota dari kertas seraya memperkuat inagatan mereka pada nama-nama benda dan mengidentifikasi warna-warna, dan objek dasar, Anda mendorong kemampuan kapabilitas visual anak baik di usia mereka sekarang hingga nanti ketika mereka dewasa.

Kesenian dan Kerajinan Tangan Memajukan Fungsi Eksekutif

Maksudnya bukan merujuk pada kemampuan anak Anda untuk menjadi CEO di perusahaan Fortune 500. Setidaknya belum sekarang. Fungsi eksekutif di sini adalah kemampuan untuk fokus, pengontrolan kehendak, dan menggunakan ingatan aktif. Seluruh skill itu didorong secara efektif ketika anak bermain dengan krayon, kertas kriya, gunting dan lem, serta quality time bersama anak. Kemampuan ini memandu anak pada tindakan-tindakan terencana, dan hal itu dapat menjadi acuan bagi kesuksesannya dalam bidang profesional dan akademik untuknya kelak.


Kesenian dan Kerajinan Tangan Dapat Melejitkan Penghargaan Diri

Salah satu dari tahapan penting pada perkembangan anak adalah ketika usia balita mereka belajar untuk nyaman menjadi diri mereka sendiri. Kesenian dan kerajinan tangan memberdayakan mereka dengan respon emosional yang positif pada kegiatan belajarnya. Anak mengerti bahwa mereka berkreasi dengan sesuatu, dan ketika Anda menyemangati dan mendorong mereka pada kegiatan kreatif semacam ini, anak akan menikmati rasanya bangga terhadap dirinya sendiri.

Kesenian dan Kerajinan Tangan  Mengajarkan Anak untuk Mengekspresikan Diri

Kesenian dan kerajinan tangan adalah cara yang menyenangkan untuk memberikan ruang pada anak-anak utuk mengekspresikan dirinya, sebagaimana mereka cenderung sangat visual terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya, maupun dalam imajinasinya. Untuk anak-anak yang pemalu dan pendiam, orang tua justru memiliki alasan lebih untuk menyemangati mereka dalam berkarya melalui kegiatan seni dan kerajinan tangan, karena melalui kegiatan semacam ini, orang tua dapat melihat lebih dalam apa yang dirasakan, dipikirkan, dan dialami sang anak.

Kesenian dan Kerajinan Tangan  Mendorong Kreatifitas

Imajinasi anak tidak memiliki batasan, maka melalui seni dan kerajinan tangan, anak dapat menjelajahi imajinasi mereka dan mentrasformasikan itu pada sesuatu yang produktif. Seni dan kerajinan tangan mendorong anak-ana untuk jadi lebih kreatif dan inovatif, yang tentu saja dapat memelihara bakat kreatif lainnya secara luas.


Kesenian dan Kerajinan Tangan  adalah Kegiatan yang Fleksibel

Seni dan kerajinan tangan adalah aktifitas yang bisa dilakukan sendiri, maupun dengan pengawasan, jadi anak-anak dapat melakukannya kapanpun mereka ingin. Kegiatan ini juga dapat menjadi aktifitas yang menguatkan hubungan antara anak Anda dengan teman sebayanya, atau antara Anda dan anak, juga dapat menjadi hobi yang dapat mereka kerjakan ketika mereka ingin menghibur diri sendiri atau ketika tidak ada teman yang bisa mereka ajak bermain.

Segala manfaat ini seharusnya sudah membuat Anda yakin bahwa sangat penting untuk mendorong anak Anda dalam kegiatan seni dan kerajinan tangan dan menjadikannya hobi. Jadi, jangan ragu untuk menyediakan bahan-bahan yang dapat mereka gunakan untuk projek kesenian mereka, dan lebih baik lagi jika Anda ikut terlibat di dalamnya. Bahan-bahan ini sangat terjangkau, juga merupakan investasi yang layak. Siapa yang tahu, kalau Anda punya Picasso kecil yang sedang tumbuh dan berkembang di rumah sendiri.



Artikel ini disadur dari laman blog Mommy Evolution, dan diterjemahkan oleh Recycle and Craft.

No comments:

Post a Comment